Thursday, February 15, 2018

Dongeng Si Kancil

Dongeng Si Kancil
Dongeng Si Kancil
Kancil Itu Sebenarnya Binatang apa Sih?

Binatang kancil, atau pelanduk adalah binatang yang di kelompokkan dalam kategori binatang mamalia yang berkuku genap, dalam bahasa latin disebut "tragulus". Atau bisa juga disebut "traguilade". Termasuk dalam keluarga kijang dan rusa.

Tragulus berasal dari dua kata yakni tragos yang artinya kambing dan ulus yang artinya kecil. Di dalam bahasa inggris orang menyebutnya mouse deer. Seekor kancil dewasa ukuran tubuhnya hanya sebesar kelinci.
Kancil, habitat hidupnya menyebar terbatas di wilayah asia tenggara. Kancil merupakan jenis binatang noktounal, atau hanya aktif di malam hari. Makannya adalah daun, buah dan rerumputan. Kebiasaan kancil adalah hidup menyendiri atau berpasangan (soltier).



Dongeng Si Kancil

Kenapa banyak sekali dongen yang di dalamnya terdapat tokoh kancil ?
Konon katanya binatang ini adalah salah satu binatang yang cerdas. Sehingga banyak sastrawan-sastrawan yang menungkannya dalam setiap kali pembuatan cerita dongeng.

Banyak sekali dongeng-dongeng fabel anak yang mencatut tokoh binatang kancil, di antaranya adalah sebagai berikut :
Mungkin masih banyak lagi dongeng tentang si kancil yang tidak saya ketahui. Akan tetapi dongen yang berbau dengan binatang kancil ini, menurut saya sangat menarik dan menyenangkan. Karena saya jadi ingat masa kecil saya. Teringat setiap kali kakek mendongeng tentang si kancil setiap kali saya akan tidur malam.

Terimakasih sudah mampir di blog www.dongenganak84.blogspot.com, mudah-mudahan jadi solusi jika anda kehabisan dongeng untuk putra-putri anda tercinta. 

No comments:

Post a Comment