Wednesday, February 14, 2018

Si kancil dan siput

Si kancil dan siput
Si Kancil dan Siput
Si kancil dan siput

Disebuah hutan rimba, hiduplah berbagai macam binatang disana. Ada harimau, singa, gajah, jerapah, rusa, banteng, buaya, kancil dan siput, serta masih banyak lagi binatang yang lainnya. Mau kakak tulis semuanya, takut tidak selesai cerita dongengnya.

Pada suatu pagi hari entah mengapa hutan rimba tersebut sangatlah sepi, dan tidak seperti biasanya. Si kancil, berlari lari kecil sambil bergumam "kok tumben hutan hari ini sepi banget ya. Pada kemana teman-teman ku". Sambil terus berlari-lari kecil, tidak terasa si kancil tiba disuatu perbukitan kecil di tengah hutan.

Sambil terengah-engah karena kelelahan setelah berlari jauh, si kancil berteriak menyombongkan diri "Oeeei, binatang yang paling cerdas, cerdik dan pintar di hutan ini adalah aku. Tidak ada binatang yang mampu melebihi kecerdasan, kecerdikan dan kepintaranku". Rupanya ada seekor binatang yang mendengar teriakan si kancil. Dari balik rerumputan dan ilalang, muncullah si siput, lantas dia berkata kepada lancil "Wahai kancil, sombong sekali kamu ini. Merasa bahwa dirimu paling cerdas, cerdik dan pintar di hutan ini. Belum tentu kamu lebih cerdas, cerdik dan pintar daripada aku". Lantas si kancil menjawab sembari meremehkan si siput "hahahahaha, kamu sedang berhayal ya siput. Mana mungkin binatang lambat dan lemah seperti kamu bisa mengalahkanku". Mendengar ucapan si kancil lantas si siput memberikan tantangan kepada kancil. "Baiklah, jika memang kamu ingin tahu bahwa aku bisa mengalahkanmu, besok mari kita berlomba lari, jika kamu mampu mengalahkanku, aku akan mengakui bahwa kamu binatang paling cerdas, cerdik dan pintar" ucap si siput.

Setelah menentukan hari perlombaan si kancil dan siput bergegas pulang. Setelah sampai rumah siput segera menemui tman-temannya untuk merencanakan strategi apa yang bisa mengalahkan si kancil. Setelah sekian lama akhirnya siput dan teman-temannya mendapatkan ide, bagaimana cara yang tepat untuk mengalahkan si kancil.

Saat Pertandingan Si Kancil dan Siput

Akhirnya hari perlombaan pun sudah tiba. Sesuai kesepakatan si kancil dan siput sudah bersiap di garis start atau garis awal perlombaan lari, sembari bersiap lari siput berpesan kepada kancil setiap saat untuk memanggil si siput. Kancil pun menyetujuinya. Lantas setelah wasit memberi aba-aba si kancil dan siput segera berlari untuk menuju garis finish.

Perlombaan pun dimulai, kancil berlari sngat cepat meninggalkan si siput.Setelah dia merasa jauh meninggalkan si siput, dia ingat pesan si siput untuk memanggilnya. Lantas si kancil berteriak "SIPUT! KAMU SUDAH SAMPAI MANA?". Lantas si siput muncul di depan kancil sambil menjawab "AKU DISINI KANCIL", si kancil kaget sembari mempercepat larinya. Setelah dia merasa jauh lagi meninggalkan si siput, dia memanggil si siput lagi. Lantas siput muncul lagi di depannya. Begitu terus berulang-ulang. Sampai akhirnya mendekati garis finish, kancil terkaget karena si siput sudah mendahuluinya sampai garis finish. Akhirnya si kancil mengaku kalah dari si siput.

Ternyata si siput lebih cerdik, mereka memiliki strategi jitu untuk mengalahkan si kancil. Yakni dengan cara menempatkan teman sebanyak-banyaknya di sepanjang garis perlomnbaan. Ketika kancil memanggil, yang terdekat dengan kancil harus keluar dari persembunyian. Dan akhirnya dengan strategi tersebut si kancil dapat dikalahkan.

Pesan yang terdapat di dalam dongeng, merasa sepintar, secerdik dan secerdas apapun diri kita, sebaiknya kita jangan sombong dan besar kepala. Karena di atas langit masih ada langit. Cukup sekian tentang dongeng si kancil dan siput.

No comments:

Post a Comment