Sabtu, 18 Februari 2017

Dongeng Kancil Dan Harimau

dongeng kancil dan harimau
dongeng kancil dan harimau
dongeng kancil dan harimau. Hai, jumpa lagi adik-adik dengan kakak selaku admin blog www.dongenganak84.blogspot.co.id. Pada kesempatan ini kakak akan mendongeng tentang kancil dan harimau. Pada dongeng cerita kali ini sang kancil yang cerdik sedang dikepung oleh sekumpulan harimau yang kuat dan buas. Kira-kira kancil diterkam dan dimakan tidak ya?. Bagaimana adik-adik? Apakah kalian sudah penasaran. Nah langsung saja, seperti apa sih dongeng ceritanya. Yuk langsung dibaca dan disimak! 

Dongeng Kancil Dan Harimau. Disebuah pulau ditengah lautan yang didalamnya terdapat hutan rimba, dihuni oleh banyak sekali harimau. Pada suatu ketika dipulau tersebut kehabisan pasokan makanan untuk para harimau. Karena seluruh binatang yang ada di pulau tersebut sudah habis dimakan oleh para harimau. Karena semakin hari para harimau tersebut semakin kelaparan, akhirnya sang raja harimau mengumpulkan seluruh harimau yang ada. Lantas raja harimau tersebut memerintahkan kepada panglima harimau untuk menyelidiki dan mencari makanan di hutan yang ada di pulau yang berseberangan dengan pulau yang didiami oleh para harimau.

Dongeng Kancil Dan Harimau. Singkat cerita para harimau berhasil menyeberang ke hutan yang ada di pulau seberang. Dipulau tersebut masih banyak sekali hewan yang mendiaminya. Karena dipulau tersebut tidak ada hewan pemangsa seperti halnya harimau. Dipulau tersebut juga tinggal binatang kancil yang sangat cerdik. Singkat kata, setelah berhasil sampai di pulau tersebut, panglima harimau dan pasukannya lengsung melihat si kancil yang sedang minum ditepi pantai. Menyadari ada kawanan harimau datang, sang kancil berusaha untuk lari. Namun sayang sang kancil kalah sigap dan kalah cepat dengan para harimau. Setelah tertangkap akhirnya kancil digertak oleh Panglima harimau "Hai Kancil dimana rajamu? Atas perintah rajaku, kami ingin rajamu menyiapkan makanan bagi kami para harimau. Jika rajamu tidak bersedia maka kami akan menyerang pulau ini dan memakan semua binatang yang ada. Ini kami bawa kumis raja kami, sebagai bukti yang harus kau tunjukan pada rajamu. Ingat, jangan kamu lari dari perintahku, sampai kamu lari dan berbohong kami akan menangkap dan memakanmu!". Sambil kebingungan dan gemetaran sang kancil menjawab "Wah, kumis ini besar sekali. Pasti raja kalian sangat besar dan kuat. Baiklah, aku akan membawa kumis raja harimau dan menunjukannya pada rajaku". "Ingat, jangan lari dan berbohong, jika itu terjadi maka aku tidak akan segan-segan menengkap dan memakanmu. Kami akan menunggu kabar darimu disini" Kata panglima harimau. Lantas kancil bergegas pergi dengan perasaan takut dan bingung, karena dipulau tempatnya tinggal tidak ada rajanya.

Dongeng Kancil Dan Harimau. Ditengah perjalannya yang penuh kebingungan akhirnya sang kancil berjumpa dengan sahabatnya sang landak yang sangat besar. Lantas dengan kecerdikan yang dia miliki, muncullah gagasan dan ide untuk menakut-nakuti para harimau. "Wahai Landak sahabatku, kemarilah! aku sangat membutuhkan bantuanmu. Ini demi keselamatan semua hewan yang ada di pulau ini, jadi aku mohon bantulah aku!" kata kancil. Sang Landak menjawab "Hah, bantuanku" sang landak agak terkejut. "Apa yang bisa aku bantu sahabatku kancil" lanjut sang landak berkata. "Aku sangat membutuhkan durima yang paling besar teman" kata kancil. "Buat apa sahabatku kancil" tanya landak. "Sudah nanti saja akan aku jelaskan temanku lndak" Tegas sang kancil. Lantas sang landak mencabut durinya yang paling besar dan memberikannya kepada sang kancil.

Dongeng Kancil Dan Harimau. Setelah membawa duri landak yang besar, tajam dan panjang, lantas sang kancil bergegas kembali ke tempat sekawanan harimau menunggu. Kata kancil "Wahai panglima harimau, rajaku beserta pasukan kami tidak bersedia memberikan makanan kepada kalian. Raja dan pasukan kami siap berperang dengan kalian. Berikut ini aku bawakan kumis rajaku sebagai buktinya". Panglima harimau terbelalak sambil gemetaran setelah melihat duri landak besar yang dibawa sang kancil seraya berkata "Haaaaaa, Ini, ini, ini kumis rajamu? Besar sekali. Pasti rajamu sangatlah besar". Melihat panglima harimau mulai ketakutan sang kancil tambah percaya diri untuk mengusir para harimau tersebut "Benar tuan panglima. Kalau kumisnya saja sebesar itu, maka panglima bisa membayangkan sebesar apa raja kami di pulau ini". Lantas panglima harimau berbicara dengan salah satu prajurinya "Wahai prajurit, sepertinya kita berkunjung dipulau yang salah. Kita dan raja kita tidak akan mampu mengalahkan raja yang ada dipulau ini. Ayo segera kita pergi dan mencari makan di pulau yang lain". Lantas sekawanan harimau yang dipimpin oleh panglima harimau meninggalkan pulau tempat kancil tinggal, dan mencari makanan di pulau yang lain. Sejak saat itu tidak ada seekor harimau pun yang berani datang ke pulau yang ditempati sang kancil.

Pesan Moral yang ada di Dongeng Kancil Dan Harimau ini adalah :
Jika adik-adik memiliki masalah, tetap tenang dan konsentrasilah untuk bisa memecahkannya. Jika memang tidak mampu, maka minta bantuanlah kepada orang tua maupun sahabat kalian yang lebih mampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar