Jumat, 17 Juni 2016

Dongeng Putri Salju

dongeng putri salju
dongeng putri salju
Dongeng Putri salju, adalah dongeng yang berasal dari eropa. Dongeng ini berisi tentang seorang ratu yang cantik yang merasa tersaingi kecantikannya oleh putrinya sendiri berdasar apa kata cermin ajaib. Kemudian ratu tersebut dengan bantuan prajurit memerintahkan membunuh dan membuang putri salju kedalam hutan. Akan tetapi takdir berkata lain, sang putri tidak jadi dibunuh malah bertemu dengan kurcaci dan pangeran yang akhirnya menikah dan hidup dengan bahagia. Mau tahu kisaah selengkapnya. Disimak ya! Berikut ini adalah dongeng putri salju versi www.dongenganak84.blogspot.com.

Dongeng Putri Salju 

Dahulu kala di daratan bumi eropa, berdirilah suatu kerajaan yang dipimpin oleh seorang ratu yang sangat cantik. Kecantikannya tiada tara, bahkan tidak ada seorang wanita manapun yang mampu menandingi danengalahkannya. Ratu tersebut memiliki sebuah cermin ajaib. Setiap hari, ratu tersebut selalu bertanya kepada sang cermin. "Wahai cermin ajaib, siapakah wanita tercantik di dunia ini?". Lalu setiap hari pula sang cermin ajaib menjawab "Wahai Ratuku, tiada wanita lain yang cantik, wanita tercantik didunia ini adalah dirimu Ratuku".

Pada suatu hari, ketika salju turun begitu lebat, sang ratu duduk merajut disamping jendela. Sambil melamun, tanpa sengaja jari sang ratu tertusuk jarum. Sehingga meneteslah darah segar yang merah di atas salju. Warnanya menjadi sangat indah dan cantik. merah diatas putih.

Melihat hal tersebut lalu sang ratu bergumam "Andai saja aku bisa memiliki putri yang memiliki kulit seputih salju, bibir semerah darah, dan rambut sehitam bingkai jendela, alangkah bahagianya aku!". Begitulah sang ratu bergumnam. Lalu setiap saat sang ratu selalu berdoa kepada tuhan agar dia lekas dikaruniai anak.

Singkat cerita, doa sang ratu didengar dan dikabulkan oleh tuhan. Tidak begitu lama dari waktu itu sang ratu hamil dan akhirnya memiliki pitri yang sangat cantik. Kulitnya putih seputih salju, bibirnya merah semerah darah dan rambutnya hitam sehitam bingkai jendela. Lalu putri tersebut dipanggil dengan sebutan putri salju.

Dongeng Putri Salju
Dongeng Putri Salju
Saking asyiknya mengurus anak, sang ratu lupa akan kebiasaannya untuk bertanya kepada cermin ajaib. Sampai akhirnya putri salju mulai beranjak remaja. Kini kecantikan putri sudah jauh melampaui kecantikan sang ratu. Suatu ketika sang ratu bertanya kembali kepada sang cermin ajaib "Wahai cermin ajaib, siapakah wanita yang paling cantik didunia ini?". Lalu sang cermin ajaib pun menjawab "Ratuku adalah wanita yang tercantik didunia ini, akan tetapi putri salju adalah wanita yang beribu kali lebih cantik dari pada Ratuku."

Sejak saat itu Sang Ratu mulai membenci Putri salju. Dan mulailah muncul pikiran jahat di dalam benak sang ratu. Kemudian dia menyewa seorang pemburu untuk membawa putri salju ke dalam hutan untuk dibunuh. Sebagai bukti Ratu minta pemburu membawa pulang paru-paru putri salju,

Singkat cerita putri salju mulai dibawa oleh sang pemburu ke dalam hutan belantara. Sang pemburu mulai menghunus pisaunya untuk membunuh putri salju. Sebagai manusia biasa dan umurnya masih belia, putri salju menangis sejadi-jadinya dan meminta belas kasihan kepada sang pemburu. Sambil menangis putri salju seraya berkata "Pemburu, aku mohon jangan kau bunuh aku. Aku berjanji aku akan tetap tinggal di dalam hutan dan tidak akan pernah kembali ke kerajaan". Karena sang pemburu kasihan, akhirnya dia tidak jadi membunuh putri salju. Dalam pikiran sang pemburu, nanti juga dia pasti akan mati diterkam dan dimakan oleh binatang buas. Lantas untuk menunjukan bukti ke sang Ratu, pemburu membunuh babi hutan dan mengambil paru-parunya untuk diserahkan kepada ratu.

Setelah ratu menerima bukti dari sang pemburu, sang ratu sangat bahagia dan senang. Segeralah sang ratu bertanya kembali kepada cermin ajaib "Hai Cermin Ajaiab, siapakah wanita yang tercantik di dunia ini?". Alangkah kagetnya sang Ratu, ternyata jawaban sang cermin ajaib demikian "Ratuku adalah wanita yang tercantik didunia ini, akan tetapi putri salju adalah wanita yang beribu kali lebih cantik dari pada Ratuku." Alangkah marahnya sang Ratu, ternyata dia dibohongi oleh pemburu.

Sementara itu si putri saljuberlari dan terus berlari semakin masuk ketengah hutan. Pada saat putri salju mengalami kelelahan yang amat sangat, dia menemukan rumah kecil mungil dengan segala perabotan yang kecil-kecil pula di dalamnya. Kemudian putri salju mengambil sedikit makanan dan minuman untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaganya. Rumah mungil tersebut adalah rumah tujuh kurcaci. Setelah merasa kenyang dan lelah teramat sangat putri salju tertidur di tempat tidur kurcaci.

dongeng putri salju
dongeng putri salju
Rupanya pada waktu itu tujuh kurcaci sedang bekerja di tambang. Ketika mereka pulang mereka terkejut karena ada orang yang sudah masuk kerumah mereka dan telah memakan dan meminum persediaan mereka. Lantas mereka masuk dan menemukan seorang putri tertidur di tempat tidur mereka. Mereka melihat dengan kagum dan takjub. "Wah, Cantik Sekali!". Setelah beberapa lama akhirnya putri salju terbangun. Putri salju kaget melihat tujuh kurcaci lantas meminta maaf. Tujuh kurcaci memaklumi dan memafkannya lantas bertanya kepada putri salju bagaimana kisahnya dia bisa sampai di tempat ini. Kemudian putri salju pun bercerita tentang bagaimana ibunya mencoba untuk membunuhnya, bagaimana pemburu membiarkannya hidup, bagaimana dia menjalankan hari-harinya ditengah hutan belantara, hingga akhirnya sampai dirumah tujuh kurcaci. Setelah mendengar cerita dari putri salju tujuh kurcaci sangat merasa kasihan dan iba kepadanya. Akhirnya tujuh kurcaci mengijinkan putri salju untuk tetap tinggal dirumah mereka dengan beberapa syarat, yaitu putri salju harus memasak, mencuci, membersihkan rumah dan merapikan rumah tujuh kurcaci. Dan merekaa meminta agar putri salju menjaga rumah merekaa agar tidak ada seorang pun bisa masuk kerumah mereka.

Di kerajaan sang ratu sangat murka, diapun segera menyusun rencana untuk membunuh putri salju dengan tangannya sendiri. Kemudian lekaslah dia menyamar, merias wajahnya sedemikian rupa sampai orang tidak mengenalinya. Hal-hal ini yang dilakukan sang Ratu untuk membunuh sang putri salju :

  • Dia menyamar sebagai penjual pakaian yang menjual korset tali. Dengan segala bujuk rayunya akhirnya sang putri salju mau keluar dari rumah tujuh kurcaci untuk membeli korset tali milik sang ratu yang sedang menyamar. Pada saat membantu memakaikan korset inilah sang ratu mengikat kencang-kencang tali korsetnya sehingga putri salju roboh dan pingsan karena tidak bisa bernafas. Tetapi bisa diselamatkan oleh tujuh kurcaci,.
  • Dia menyamar sebagai penjual sisir yang sudah diberi racun. Diapun berhasil mengelabuhi putri salju dan bisa membuat putri salju kasihan kepadanya. Akhirnya putri salju membeli dan memakai sisir beracun dari sang Ratu. Akan tetapi tujuh kurcaci tahu kalau sisir yang dipakai oleh putri salju beracun, lalu lekaslah mereka melepaskan sisir yang ada di kepala putri salju. Tujuh kurcaci kembali menyelamatkan putri salju.
  • Sang ratu pun masih melancarkan aksi jahatnya, kemudian di dalam kamar rahasianya sang ratu membuat apel beracun. Yang ditujukan agar dimakan oleh putri salju. Dengan segala bujuk rayu, yakni dengan cara menunjukan seolah-oleh apel yang dia jual tidak beracun yaitu dengan memaknnya separuh, dia berhasil kembali membujuk putri salju untuk membeli dan memakan apel beracunnya. setelah putri salju memakan secuil apel sang putri jatuh roboh dan mati.
dongeng putri salju
dongeng putri salju
Sepulang dari menambang tujuh kurcaci sudah menemukan putri salju tergeletak tak bernyawa dilantai. Tujuh kurcaci menangis tiga hari tiga malam. Sedih karena putri salju sudah meninggal. Akan tetepi mereka tidak segera mengubur jasad putri salju, karena badan dan muka putri salju masih segar layaknya orang hidup. Lantas mereka menyimpan jasad putri salju didalam peti kaca.

Pada suatu ketika datanglah seorang pangeran beserta pengawalnya ke rumah tujuh kurcaci. Melihat jasad sang putri salju di peti kaca, sang pangeran lantas jatuh cinta dan meminta kepada tujuh kurcaci untuk memiliki jasad putri salju tersebut. Tujuh kurcacipun memberikannya dengan syarat sang pangeran harus benar-benar merawat dan menjaganya. 

Karena cintanya pangeran tersebut kepada putri salju maka kemanapun dia pergi, dia memerintahkan kepada pengawalnya untuk membawa peti kaca putri salju. Hari demi hari, minggu demi minggu dan bulan demi bulan lama-lama pengawal merasa jenuh, bosan dan kesal terus disuruh untuk membawa peti kaca putri salju. Kemudian mereka membongkar peti kaca lantas mndirikan putri salju sembari menepuk dengan keras punggung putri salju sambil berkata "Gara-gara kamu sekarang kami tambah susah. Kemana-mana harus membawamu!". Lantas suatu hal yang ajaib pun terjadi, dari mulut sang putri salju keluar secuil apel yang berwarna hitam pekat. Dan ajaib putri salju hidup kembali.

Akhirnya sang putri salju diperistri oleh pangeran tampan. Sebagai balas budi atas kebaikan tujuh kurcaci kemudian sang putri salju mengajak para kurcaci untuk tinggal diistana bersama dia dan pangeran. Putri salju, pangeran, tujuh kurcaci dan para pengawalnya hidup bahagi di istana. Sekian dongeng putri salju versi admin dongenganak84.blogspot.com, mudah-mudahan bisa membuat kita semua terhibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar